Rabu, 01 Februari 2017

AP I: Diperkirakan Bandara Adisutjipto Beroperasi Pukul 13.00 WIB

Jakarta - Bandara Adisutjipto Yogyakarta pagi ini masih belum bisa beroperasi karena proses evakuasi badan pesawat Garuda Indonesia di landasan bandara itu belum selesai. Pihak Angkasa Pura I memperkirakan bandara itu baru bisa beroperasi pukul 13.00 WIB nanti.

Corporate Communication PT Angkasa Pura I, I Bagus Ketut Juliadnyana mengatakan, badan pesawat GA 258 tersebut masih berada di sekitar landasan pacu Bandara Adisutijpto. Proses evakuasi masih menunggu datangnya peralatan khusus.

"Bandara Adisutjipto masih dinyatakan closed karena pesawat Garuda yang tergelincir tadi malam belum selesai dievakuasi. Evakuasi masih menunggu datangnya peralatan 'salvage' dari Bandara Juanda Surabaya yang diperkirakan sampai di Yogyakarta kurang lebih pukul 09.00 WIB, mudah-mudahan bisa lebih cepat," kata Bagus kepada detikcom, Kamis (2/2/2017).

Bagus menjelaskan, dengan menggunakan peralatan khusus tersebut, proses evakuas badan pesawat yang tergelincir itu diperkirakan akan memakan waktu selam 2 jam 30 menit.

"Setelah evakuasi selesai, akan segera dilakukan pembersihan landasan pacu yang diteruskan dengan inspeksi landasan pacu," katanya.

"Diperkirakan pukul 13.00 WIB Bandara Adisutjipto baru bisa beroperasi kembali," tambahnya.

Pihak Dirjen Perhubungan Udara telah menerbitkan Notice to Airman (NOTAM) penutupan sementara Bandara Adistutjipto No B0740/17 dari pukul 20.06 sampai dengan 23.00 WIB, Rabu (1/2). Namun NOTAM itu diperpanjang hingga pukul 10.00 WIB hari ini. Diharapkan proses evakuasi badan pesawat rute Jakarta-Yogyakarta itu bisa segera selesai.

Sebelumnya, pihak Garuda Indonesia juga mengatakan telah mendatangkan peralatan khusus untuk proses evakuas badan pesawat tersebut, yakni menggunanak balon udara.

"Jadi sudah kita datangkan sejumlah peralatan khusus, tercepat dari Jakarta dengan penerbangan extra. Yaitu peralatan air ballon (balon udara), digunakan untuk mengangkat badan pesawat agar lebih cepat terangkat," kata Benny kepada detikcom.

Benny menerangkan, setelah badan pesawat tersebut terangkat, nantinya di bagian roda pesawat itu akan diberi baja untuk percepat proses evakuasi. Dengan demikian, diharapkan proses evakuasi badan pesawat tersebut bisa segera diselesaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar