Kamis, 09 Februari 2017

Sebuah Ledakan Terjadi di PLTN Perancis, 5 Orang Terluka

Jakarta - Sebuah ledakan terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Pantai Barat Laut Perancis. Akibat ledakan itu lima orang pekerja mengalami luka ringan.

Dilansir AFP, Kamis (9/2/2017), ledakan terjadi di ruang mesin di Pabrik Flamanville yang terletak 25 km dari Pelabuhan Cherbourg, tepatnya berada di seberang Kepulauan Channel. Meski terjadi ledakan, pihak berwenang memastikan tidak ada resiko kebocoran radiasi nuklir.

"Ini adalah insiden teknis. Ini bukan kecelakaan nuklir," kata pejabat senior wilayah setempat Jacques Witkowski kepada AFP.

Witkowski menjelaskan, ledakan bersumber di sebuah ventilator dan berada di luar zona nuklir dari pabrik. Akibat ledakan itu lima orang mengalami luka-luka namun tidak dalam kondisi serius.

"Sekarang sudah selesai, tim penyelamat telah pergi," ujar Witkowski.

Pasca insiden ledakan itu, satu dari dua reaktor yang berada di pabrik ditutup. Sebagaimana diketahui, kedua reaktor nuklir pembangkit listrik ini telah bekerja sejak tahun 1985 dan 1986 dan telah menghasilkan 1.300 megawatt listrik. Sedangkan reaktor generasi ketiga yang baru akan dibangun di Flamanville akan beroperasi pada akhir 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar