Minggu, 01 Januari 2017

Separuh Musim: Chelsea Teratas, Liverpool Paling Oke di Enam Besar

Jakarta - Kemenangan atas Stoke City mengokohkan posisi Chelsea di puncak klasemen pada malam pergantian tahun. Tapi The Blues belum memenangi apapun karena persaingan papan atas masih sangat keras.

Chelsea meraih kemenangannya untuk ke-13 secara beruntun setelah menundukkan Stoke City di Stamford Bridge dengan skor 4-2. Hasil laga itu menjaga The Blues tetap kokoh berdiri di puncak klasemen saat pergantian tahun dan tepat ketika roda kompetisi berjalan separuh musim.

Kemenangan tanpa henti yang kini sudah berjumlah 13 membuat Chelsea dijagokan akan bisa terus bertahan di posisinya sekarang sampai akhir musim. Sejauh ini Diego Costa dkk memang sangat meyakinkan dan sepertinya bakal sangat sulit dihentikan.

Tapi karena masih ada 19 pertandingan lain yang harus dijalani, capaian Chelsea sejauh ini tentu saja belum apa-apa. Terlebih pesaing-pesaing mereka masih menunjukkan performa yang tak kalah meyakinkan. Terutama Liverpool.

The Reds pada malam tahun baru meraih kemenangan tipis 1-0 atas Manchester City. Meski cuma satu gol, poin penuh yang didapat dari laga itu sudah cukup untuk Jordan Henderson dkk untuk terus memberi tekanan pada pasukan biru asal London. Kedua klub kini terpaut enam poin.

Chelsea harusnya menjadikan Liverpool sebagai ancaman terbesar mereka menuju gelar juara karena punya rekor pertemuan yang paling baik di antara enam klub posisi teratas klasemen. Jika dibuat liga kecil yang melibatan enam klub teratas tersebut, Liverpool berada di puncak dengan raihan W3 D2 L0 (11 poin). Chelsea sendiri baru berada di posisi dua dengan W3 D0 L2 (9 poin).

Klasemen Enam Besar Premier League di Pergantian Tahun
Main Menang Seri Kalah Masukan Kemasukan Poin
Liverpool 5 3 2 0 8 5 11
Chelsea 5 3 0 2 10 7 9
Manchester City 5 2 0 3 5 8 6
Arsenal 5 1 2 2 9 8 5
Tottenham 5 1 2 2 5 5 5
Manchester United 5 1 2 2 3 7 5


Meski saat ini dalam kondisi tidak menentu, masih terlalu dini untuk mencoret City dari persaingan juara. Faktanya, The Citizens masih menjadi salah satu klub dengan rekor paling baik di pertemuan dengan lima klub teratas. Rekor City di musim ini adalah W2 D0 L3 (6 poin).

Persaingan menjadi juara di separuh kedua musim menjadi makin mengasyikkan karena kebangkitan kembali Manchester United. Kemenangan atas Middlesbrough di akhir pekan kemarin menjadi kemenangan kelima secara beruntun 'Setan Merah' di Premier League. Jose Mourinho masih menyimpan banyak potensi ancaman bersama MU.

Perubahan komposisi di klasemen masih berpeluang besar untuk terjadi. Di 19 pekan ke depan keenam klub tersebut di atas masih akan saling berhadapan. Sepertihalnya Chelsea bisa bangkit dan meraih rangkaian kemenangan yang sangat panjang, apapun bisa terjadi di paruh kedua musim nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar