Selasa, 31 Januari 2017

Wiranto: Keberhasilan Pilkada Bergantung Pada Semua Pihak

Jakarta - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017 di 101 daerah tinggal menghitung hari. Menko Polhukam Wiranto menegaskan, keberhasilan pelaksanaan Pilkada serentak itu bergantung pada semua pemerintah.

Wiranto mengatakan, para pihak keamanan diyakini sudah siap untuk pelaksanaan Pilkada serentak di 101 daerah Indonesia ini. Kesiapan itu didengarnya langsung saat dia mengumpulkan dan memberi pengarahan kepada para prajurit TNI dan Polri beberapa waktu lalu.

"Kemarin kan kebetulan saya diminta memberikan pengarahan terhadap finalisasi persiapan Pilkada di 101 pemilihan kan. Lalu kemaren yang hadir mulai dandim, kapolres, pangdam, kapolri dan bupati/wali kota yang melaksanakan itu termasuk aparat-aparatnya. 2.000 orang kemarin di Hotel Bidakara," kata Wiranto di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/1/2017).

Dikatakan Wiranto, para prajurit TNI, Polri dan juga aparat pemerintah daerah dan lainnya, sudah siap untuk pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

"Saya melihat bahwa atau mendengarkan langsung bahwa mereka sudah siap. Dan ternyata, kalau kita lihat dari hasil survei mengenai indeks kerawanan pemilu di 101 daerah itu, itu sudah menurun banyak. Artinya, setelah Bawaslu memberikan penilaian dengan indeks kerawanan pemilu beberapa bulan yang lalu, kemudian indeks sekarang yang masih tinggi, dilakukan suatu-suatu perbaikan baik dalam sistem penyelenggarannya, partisipasi masyarakat, perilaku kontestannya ternyata sekarang kan menurun," jelas Wiranto. 

Ini artinya, kata Wiranto, keberhasilan Pilkada tersebut bergantung pada semua pihak.

"Artinya apa? Pilkada itu tidak hanya diserahkan ke pemerintah, keberhasilan pilkada itu sebenarnya menyangkut ya semua pihak, apakah itu masyarakat pemilih, apa itu penyelenggara pemilu, apakah aparat keamanannya atau pemerintah yang juga merupakan unsur pertama yang memfasilitasi pilkada itu," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar