Selasa, 31 Januari 2017

Pesan Menlu untuk Datu, Pemenang Ambassador1Day Kedubes Denmark

Jakarta - Damarjiwo Datu, Mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang memenangkan kompetisi Ambassador1Day (A1D) hari ini berkesempatan menemui sejumlah tokoh penting di Indonesia. Dia salah satunya diterima oleh Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi. 

Pria yang akrab disapa Datu itu pun merasa bahwa kesempatan bertemu Menlu Retno sangat berkesan. "Selama seharian ini yang paling berkesan saat bertemu Menlu, jadi tambah yakin untuk menjadi Diplomat," kata Datu di Pejambon, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2017). 

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi juga menyampakan bahwa ini merupakan kesempatan keduanya menerima pemenang dari Ambassador1Day. Dia juga memberi tahu apa saja yang dibicarakan dengan Datu dan Casper Klynge, Duta Besar Denmark. 

"Kami diskusi mengenai banyak hal, seperti bagaimana kita meningkatkan hubungan bilateral kita dengan Denmark dan bicara mengenai masalah konteks tantangan dunia," ujar Menteri Luar Negeri, Retno di Kantor Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta Pusat. 

Selain itu Menlu juga berpesan bahwa program ini merupakan salah satu cara untuk menarik minat generasi muda terhadap hubungan internasional atau hubungan luar negeri 

"Ini penting karena satu adalah mencoba menarik minat generasi muda tentang hubungan internasional atau hubungan luar negeri. Bahwa hubungan luar negeri itu sangat menarik," tambah Retno. 

Bukan hanya itu, Menlu juga mengatakan, program seperti ini bisa menjadikan anak-anak muda sebagai duta-duta Indonesia. 

Menurutnya untuk menjadikan dunia damai dan stabil maka diperlukannya sejuta jembatan. 

"Anak-anak ini bisa menjadi jembatan kita. Kita bicara mengenai bagaimana upaya kita menjadikan dunia ini damai, stabil dan sebagainya. Untuk menciptakan mencapai perdamaian kita harus punya sejuta jembatan, unlimited jembatan. Kita coba dari waktu ke waktu kita membangun jembatan jembatan seperti Datu," ujar Retno kepada wartawan. 

Mendapat penjelasan dari Menteri Retno, Datu pun kian membulatkan tekadnya untuk menjadi diplomat. "Semakin tertarik tentu jadi saya makin tau bahwa banyak tantangannya, banyak juga senang senangnya. Mungkin jadi Kemenlu, Amin," kata Datu.

Kompetisi Ambassador1Day (A1D) yang digelar Kedutaan Besar Denmark di Jakarta dengan The Habibie Center. Datu mengalahkan 300 peserta lainnya yang mengirimkan essay bertema "Energi". 

Sebagai pemenang A1D, Datu akan menjalankan tugas selayaknya Dubes Denmark untuk Indonesia, Casper Klynge selama sehari. 

Selain itu Datu akan melakukan study trip selama dua minggu ke ibu kota Denmark, Copenhagen, di musim panas mendatang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar