Sabtu, 28 Januari 2017

Pilgub Banten 2017 Cagub-Cawagub Banten akan Kembali Adu 'Jurus' di Debat Kedua

Serang - KPU Banten akan kembali menggelar debat calon gubernur-wakil gubernur Banten 2017 hari ini. Dua pasangan kandidat akan beradu 'jurus' dan program untuk memimpin Banten lima tahun ke depan.

Debat putaran kedua ini akan digelar di Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (29/1/2017). Debat akan disiarkan secara langsung oleh salah satu televisi nasional pada pukul 15.15-17.00 WIB.

Hasil dari evaluasi debat pertama, KPU Banten merubah beberapa mekanisme debat kandidat kedua ini. Tema kedua dibuat lebih spesifik. Kali ini KPU mengambil tema 'Demokrasi, Penegakan hukum, Good Governance, dan Mencegah Narkoba di Banten'.

Berbeda dari debat sebelumnya, pada debat kedua kali ini, cagub-cawagub akan beradu gagasan dan program di enam segmen. Kemudian setiap pasangan calon akan diberi waktu 2 menit untuk menanggapi program calon lain.

"Perbedaan dari putaran pertama ini, (debat kedua ini) calon langsung saling menanggapi. Dari sejak segmen pertama sampai terakhir, debat akan lebih hidup dan saling merespons," ujar Komisioner KPU Banten Syaiful Bahri, Minggu (29/1/2017).

Debat kedua kali ini akan dipimpin satu host sekaligus merangkap sebagai moderator. Debat kedua cagub-cawagub Banten ini akan dipimpin presenter televisi, Dwi Anggia.

"Ada 6 segmen. Termasuk hostnya, usulan diminta untuk moderatornya tidak akademisi tapi host televisi perempuan, Dwi Anggia," tutur Syaiful.

Selain itu, KPU juga menambahkan jatah tim kampanye 120 orang dari masing-masing calon. Pada debat sebelumnya KPU hanya membatasi 100 orang yang dibolehkan masuk ke ruangan.

"Dalam rapat kita putuskan jatah tim kampanye 120 orang. Nambah 20 orang setiap pasangan calon. Rapat sampai 3 kali. Akhirnya harinya yang menetapkan KPU bukan usul tim manapun," ungkap dia.

Seperti diketahui, ada dua pasangan calon dalam Pilgub Banten 2017 ini. Pasangan nomor urut 1 adalah Wahidin Halim-Andika Hazrumy yang didukung 7 partai, yakni Demokrat, Golkar, PKS, PAN, PKB, Gerindra, Hanura. Sementara pasangan nomor urut 2 adalah cagub petahana Rano Karno-Embay Mulya Syarif yang didukung 3 partai, yakni PDIP, PPP dan NasDem. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar