Senin, 30 Januari 2017

Ahok Janjikan Air Bersih Siap Minum untuk Kepulauan Seribu

Jakarta, CNN Indonesia -- Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok fokus membicarakan penyediaan air bersih dan pendidikan untuk anak penyandang disabilitas ketika berkampanye di Kepulauan Seribu, Senin (30/1).

Ahok menuturkan, ia berencana memastikan ketersediaan air laut siap minum bagi warga di sejumlah pulau di wilayah administratif berbentuk kabupaten itu. Wacana itu, kata dia, dapat diwujudkan melalui proses penyaringan (reverse osmosis).

Gubernur petahana itu menilai, warga Kepulauan Seribu sulit mendapatkan air bersih siap minum karena kapasitas penyaringan sangat kecil.

"Kalau mau buat, sekalian skala besar. Jadi, satu kali produksi bisa sekitar Rp13.000 sampai Rp15.000 per meter kubik. Berarti, hanya Rp15 per liter," ujar Ahok.

Sementara saat ini, lanjut Ahok, warga Kepulauan Seribu harus membayar Rp3.000 untuk 20 liter air bersih atau sekitar Rp150 per liter. 

"Harusnya yang skala kecil-kecil enggak usah lagi," imbuhnya.
Di samping itu, Ahok mengakui layanan pendidikan untuk anak peyandang disabilitas di Kepulauan Seribu saat ini memprihatinkan. Ia berkata, anak-anak berkebutuhan khusus itu perlu mendapatkan perlakuan yang istimewa pula.

"Masalahnya, mereka enggak mungkin ke Jakarta untuk sekolah. Jadi, kami lagi pikirkan kemungkinan ada guru yang datang ke sini hari Sabtu dan Minggu," ujarnya.

Ahok mengatakan, jika kembali terpilih menjadi gubernur, Pemprov DKI akan memfasilitasi perjalanan dinas guru-guru itu ke Kepulauan Seribu. Selain mengajar, para guru itu juga dijanjikan kegiatan wisata.

Senin kemarin merupakan kedatangan pertama Ahok ke Kepulauan Seribu setelah tersangkut perkara dugaan penodaan agama, November lalu. Pada kampanyenya, Ahok mengunjungi beberapa pulau, yaitu Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Pramuka, Pulau Panggang dan Pulau Tidung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar