Rabu, 28 Desember 2016

Kurangi Polusi, Pemkot Madrid Batasi Penggunaan Mobil Pribadi

Madrid - Jutaan mobil pribadi akan dilarang beroperasi di jalanan Kota Madrid, Spanyol. Pelarangan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas udara di ibukota Spanyol tersebut.

Seperti dilansir PressTV, Kamis (29/12/2016), pejabat pemerintah kota Madrid mengatakan pelarangan tersebut akan dilakukan pada Jumat dan diumumkan pada Kamis tengah hari waktu setempat untuk wilayah Madrid dan sekitarnya.

"Setiap hari, kota ini menghasilkan jumlah emisi yang cukup banyak ke atmosfer. Hal tersebut menyebabkan suhu panas meningkat," ujar anggota dewan kota, Paz Valiente.

Pemerintah lokal mengatakan pelarangan tersebut sebagai alternatif penggunaan kebijakan plat nomor ganjil dan genap.

Pelarangan tersebut akan dilaksanakan pada pukul 6.30 hingga 21.00 waktu setempat. Pengendara yang tertangkap mengemudi dengan mobil pribadi akan dikenakan denda hingga 90 euro.

Di Madrid terdapat empat juta mobil, ditambah sekitar sejuta truk, van dan sepeda motor.

Pemkot Madrid juga sempat memberlakukan pelarangan parkir sementara bagi pemilik mobil yang bukan warga asli, Rabu (28/12). Kota Madrid juga melakukan pelarangan pada batas kecepatan di jalan utama Madrid untuk mengurangi emisi.

Pada musim panas, level nitrogen oksida meningkat drastis. Nitrogen oksida tersebut merupakan gas beracun yang dapat menyebabkan masalah pernapasan seperti asma. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar