Rabu, 28 Desember 2016

Nevada AS Diguncang Gempa Bumi 5,7 SR

Nevada - Gempa bumi berkekuatan 5,7 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Nevada, Amerika Serikat (AS). Gempa ini diikuti oleh sejumlah gempa susulan yang getarannya dirasakan cukup kuat oleh warga setempat.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (28/12/2016), Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS mencatat gempa bumi ini berpusat di lokasi berjarak 29 kilometer sebelah barat daya kota Hawthorne, Nevada. Pusat gempa ada di perbatasan Nevada dengan negara bagian California.

Gempa 5,7 SR melanda pada Rabu (28/12) dini hari sekitar pukul 00.18 waktu setempat. Kemudian 4 menit kemudian, sebut USGS, serangkaian gempa susulan melanda di dekat lokasi gempa sebelumnya.

USGS awalnya mencatat kekuatan gempa mencapai 5,8 SR namun kemudian menurunkan kekuatannya. Pusat gempa bumi dilaporkan ada di kedalaman 19 kilometer dari permukaan bumi.

Serangkaian gempa susulan yang melanda wilayah ini dilaporkan USGS berkekuatan antara 2,7 SR hingga 5,6 SR. Tidak ada laporan kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa bumi ini.

"Oke. Saya terbangun sekarang. Getaran gempa mengguncang ranjang saya dan tirai jendela saya," tutur salah satu warga Nevada bernama Amilee via Twitter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar