Sabtu, 15 April 2017

Tundukkan Southampton, City Naik ke Posisi Tiga

Southampton - Manchester City memperbaiki posisinya di klasemen dengan kemenangan 3-0 atas Southampton. Hasil itu membawa mereka naik ke peringkat ketiga menggeserLIVERPOOL.

Laga di St. Mary's Stadium, Sabtu (15/4/2017) malam WIB, tak menghasilkan banyak peluang di babak pertama. Skor 0-0 lantas menutup paruh pertama.

Tapi permainan City berbeda di babak kedua. Tiga gol pun mampu mereka lesakkan di 45 menit babak kedua. Setelah Vincent Kompany membuka keunggulan di menit ke-55, Leror Sane dan Sergio Aguero kemudian memantapkan kemenangan The Citizens.

Tambahan angka penuh dari laga ini membuat City kini mengumpulkan 64 poin dari 32 pertandingan. Tim arahan Pep Guardiola itu pun naik ke posisi ketiga menggeser Liverpool dengan selisih satu poin.

Jalannya Pertandingan

City mendominasi penguasaan bola di menit-menit awal pertandingan. Tim tamu mencoba membangun serangan dengan sabar namun belum ada yang menghasilkan peluang bersih.

Namun demikian, justruSOUTHAMPTON yang lebih dulu mendapat peluang bagus. City kehilangan bola di lapangan tengah dan Nathan Redmond memimpin Southampton melakukan serangan balik. Redmond kemudian mengoper kepada Manolo Gabbiadini yang lanjut mengirim umpan tarik kepada Dusan Tadic.

Tapi penyelesaian akhir Tadic masih tak sempurna. Tendangan first-time Tadic masih melambung di atas mistar gawang. Peluang lain didapat Southampton, namun sepakan Cedric diblok Fernandinho di kotak penalti.

City nyaris membuka keunggulan di menit ke-36. Sergio Aguero bergerak dari sisi kiri dan mengangkat bola ke arah tiang jauh. David Silva yang ada di sana langsung menyambut bola dengan tendangan, tapi hanya mengenai sisi luar jaring gawang.

City sempat mengklaim penalti setelah Leroy Sane yang tinggal berhadapan dengan Fraser Forster jatuh di kotak penalti. Tapi wasit menilai tak ada pelanggaran dan hanya memberi sepak pojok untuk City.

Pada akhirnya tak ada gol yang tercipta di babak pertama.

Babak kedua berjalan tujuh menit, James Ward-Prowse menebar ancaman untuk gawang City lewat sebuah tendangan bebas menyusul pelanggaran Silva kepada Steven Davis. Tapi tendangan Ward-Prowse sedikit melenceng dari sasaran.

Di menit ke-54, giliran Jesus Navas yang mengancam gawang Southampton. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti memaksa Forster melakukan penyelamatan dan menghasilkan sepak pojok untuk City.

Dari sepak pojok itu, City akhirnya memecah kebuntuan. Silva mengirim tendangan sudut ke tengah kotak penalti yang diteruskan Vincent Kompany dengan sundulan. Ini adalah gol pertama Kompany di Pemier League sejak Augstus 2015.

Dua peluang bagus sekaligus didapat City di menit ke-65. Umpan dari De Bruyne seperti akan menemui Aguero. Tapi Forster lebih dulu menghalau bola. Bola liar disambar oleh Silva, namun sepakannya masih diblok Stephens.

Southampton sempat mendapat peluang lewat sundulan Maya Yoshida yang meneruskan sebuah tendangan sudut. Tapi tandukan pemain asal Jepang itu masih mengarah tepat ke Claudio Bravo.

City melakukan serangan balik mematikan di menit ke-77. Southampton kehilangan bola di area permainan City dan tim tamu langsung menyerang balik dengan cepat. De Bruyne yang mendapat umpan terobosan kemudian menggiring bola menuju kotak penalti dan dengan cerdik mengoper kepada Sane. Serangan balik itu dituntaskan dengan sempurna oleh Sane.

Hanya berjarak tiga menit, City kembali membobol gawang Southampton. Kali ini Aguero yang mencatatkan namanya di papan skor lewat sundulan, meneruskan umpan De Bruyne dari sisi kanan. Skor 3-0 untuk kemenangan City menutup jalannya pertandingan.

Susunan Pemain

Southampton: Forster, Cedric, Stephens, Yoshida, Bertrand, Davis, Hojbjerg, Ward-Prowse (Long 60') (Rodriguez 82'), Tadic, Redmond, Gabbiadini (Boufal 60')

MAN CITY Bravo, Jesus Navas, Kompany, Otamendi, Clichy, Toure, Fernandinho, De Bruyne, Silva (Zabaleta 81'), Sane (Sterling 86'), Aguero (Iheanacho 89')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar