Kamis, 30 Maret 2017

Di Leher Bocah Asal NTT Ini Ada Tumor Seukuran Kepala Orang Dewasa

Jakarta, Penyakit seperti tumor bisa muncul pada siapa saja, termasuk pada Orip. Bocah bernama lengkap Orip Eliba Bifel ini mengalami tumor sejak kecil dan terus berkembang hingga berukuran seperti kepala orang dewasa.

Orip yang tinggal di desa Mnesatbubuk, Kab. Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur ini mengidap tumor sejak usia tiga bulan. Hal tersebut disampaikan oleh David Natun, selaku pendamping Orip saat berbincang kepada detikHealth, Selasa (28/3/2017).

"Menurut penjelasan orang tuanya, Benjolan di leher Orip sudah mulai tampak di usia tiga bulan. Tapi namanya juga di kampung, tanggapan terhadap penyakit berbeda seperti di kota yang langsung segera dibawa ke RS," ucap David.

"Orip juga nggak ngerasain sakit apapun. Nah, karena itu orang tuanya menganggap hal biasa dan nggak ngelakuin perawatan apapun. Lalu berkembanglah tumor seiring dengan perkembangan usianya," sambung David.

Baca juga: Tumor Sebesar Bola Sepak di Leher Pria 63 Tahun Ini Berhasil Diangkat

David mengatakan, ukuran tumor Orip saat ini lebih besar dari kepala anak berusia enam tahun, sehingga menyebabkan kepala Orip terlihat lebih kecil. Sementara, menurut pemaparan David, dokter yang menangani Orip mengatakan tumor saat ini belum menyebar ke sistem saraf yang lain.

Lebih lanjut, operasi harus dilakukan sesegera mungkin dan dikatakan sebagai operasi yang memiliki risiko besar karena berada di daerah susunan saraf. Operasi ini pun menjadi pilihan terbaik agar bisa meningkatkan kualitas hidup Orip.

Sementara, Orip akan melakukan operasi di antara RS Siloam Kupang, RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta dan RS Sanglah Denpasar dalam waktu dekat ini. Keputusan pasti baru didapatkan keluarga besok oleh dokter yang menangani Orip di RS Siloam Kupang.

"Keputusan belum didapat karena harus ada data dari hasil rekam medis juga. Kalau mengenai operasi saya merasa lebih percaya diri kalau rujukan diberikan di luar Kupang seperti RSCM karena alatnya lebih lengkap," imbuh David.

Selain itu, biaya saat ini masih ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Meski begitu, Orip tetap membutuhkan biaya yang lain seperti transportasi, perawatan sampai pemulihan dan lain-lain.

Oleh karena itu, guna meringankan biaya keluarga, detikcom mengajak para pembaca untuk membantu melalui kitabisa.com. 

Cepat sembuh ya Orip!

Baca juga: Renu, Bocah 4 Tahun dengan Tumor di Kepala Sebesar Bola Sepak

Bagi pembaca detikHealth yang hendak membantu biaya operasi Orip, bisa menyalurkannya di sini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar