Kamis, 30 Maret 2017

Pansel MK akan Sodorkan 3 Calon Hakim Berintegritas ke Presiden

Jakarta - Panitia Seleksi Hakim MK telah merampungkan tugasnya. Senin (3/4) depan ketiga nama yang terpilih akan diberikan kepada Presiden Joko Widodo. 

"Tiga nama akan diserahkan ke Presiden pada Senin. Kita sudah pilih tiga, Saya kira, setelah diserahkan, Presiden tinggal pilih satu nama dan paling lambat dalam waktu satu minggu sudah pelantikan," ujar anggota Pansel MK, Todung Mulya Lubis, seusai acara diskusi di gedung PP Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2017).

"Kita rencananya akan bertemu dengan Presiden hari Senin. Tapi kan tergantung waktu Presiden," sambungnya.

Sayangnya, Todung enggan membeberkan ketiga nama yang lolos seleksi wawancara. Dirinya hanya memastikan ketiga nama itu adalah orang-orang yang terbaik dari 11 nama dalam seleksi tahap kedua. 

"Wah, saya tidak etis kalau menyebutkannya sekarang. Tiga nama inilah yang mendapat nilai terbaik selama masa seleksi," paparnya.

Todung mengatakan, dalam tugasnya, ketiga calon ini memiliki kriteria integritas hakim MK. Sebab, pihaknya tidak menginginkan peristiwa Akil Mochtar dan Patrialis Akbar terulang kembali.

"Karena itu kita sangat hati-hati. Kita tidak mau kecolongan. Saya tentu tidak berani menjamin, tetapi kita berusaha untuk tidak kecolongan dan itu yang kita usahakan. Karena mereka ini kan penjaga konstitusi," pungkasnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar