Kamis, 30 Maret 2017

Presiden Afghanistan akan Temui Ulama di Istiqlal

Jakarta - Presiden Afghanistan Ashraf Ghani akan melakukan pertemuan dengan ulama Indonesia di Masjid Istiqlal saat kunjungannya ke Indonesia 5-6 April 2017. Pertemuan Ashraf Gani dengan ulama se nusantara ini membahas moderasi Islam dan toleransi. 

"Kegiatan masih dikembangkan yang pasti secure di Istiqlal. Pertemuan ini akan dilakukan dengan sejumlah ulama Indonesia dan penekanan pada ulama NU juga Muhammadyah. Ini untuk bertukar pikiran terutama tentang moderasi Islam dan toleransi yang dinilai menjadi kekuatan Indonesia," ujar Direktur Asia Asia Selatan dan Tengah Ferdy Piay di Kantor Kemlu, Jalan Pejambon, Jakata Pusat, Kamis (30/3/2017). 

Ia juga mengatakan saat ini NU Afghanistan sudah hadir pada beberapa Provinsi di Afghanistan. Kerja sama yang akan ditekankan adalah pertukaran ulama Indonesia dan Afghanistan. 

"Sebagai informasi saat ini sudah ada NU Afghanistan dan hadir di beberapa provinsi di Afghanistan. Jadi kerjasama itu antara lain bagian dari pertukaran ulama .Ke depannya kita lihat peran ulama Indonesia dalam mewujudkan peace building," kata Ferdy.

Ferdy berharap dengan kehadiran Indonesia dalam penyebaran moderasi Islam, itu dapat membuka peran Indonesia secara langsung di Afghanistan. Pertemuan ini akan dilakukan sebelum Presiden Ghani bertolak ke Singapura. 

"Rangkaian kenegaraan resminya tanggal 5, dan tanggal 6 rencananya akan ada pertemuan dengan kalangan bisnis. Juga rencana ketemu ulama Indonesia untuk membicarakan moderasi Islam, mungkin ada kunjungan ke Istiqlal juga sebelum ia bertolak ke Singapura," kata Fredy. 

Kunjungan kenegaraan ini merupakan hal yang bersejarah. Ini adalah kunjungan pertama Presiden Afghanistan ke Indonesia dan kunjungan Presiden Ghani pertama ke Asia Tenggara. 

Selain pertemuan dengan ulama ada empat poin yang akan di tandatangani oleh kedua negara. Yaitu bidang pendidikan, pertanian, statistik dan reformasi administrasi publik. 
(lkw/rvk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar