Kamis, 30 Maret 2017

Jelang Banjir Besar, Australia Perintahkan Evakuasi Ribuan Warga

New South Wales - Otoritas Australia memerintahkan evakuasi ribuan warga dari kota-kota menjelang banjir besar, seiring wilayah tenggara Queensland dan New South Wales (NSW) bagian utara diterjang sisa-sisa topan Debbie.

Dengan curah hujan yang meningkat, ribuan warga di NSW utara yang berada di wilayah dataran rendah di sekitar kota Lismore dan Murwillumbah diperintahkan untuk pergi. Perintah evakuasi dikeluarkan seiring permukaan air di sungai Tweed dan Wilsons terus meningkat dan akan meluap, menimbulkan banjir besar.

Dinas Darurat Negara Bagian NSW juga mengimbau warga di wilayah South Murwillumbah, Condong and Tumbulgum, Chinderah, Kingscliff untuk pergi ke tempat yang lebih aman.

"Dinas Darurat Negara Bagian NSW memerintahkan warga untuk pergi secepatnya selagi jalan keluar masih aman dan selagi mereka bisa melakukan itu," demikian perintah evakuasi seperti dilansir News.com.au, Kamis (30/3/2017).

"Jangan tunda evakuasi Anda. Jalan-jalan akan padat atau ditutup. Anda bisa terjebak dan butuh penyelamatan," demikian disampaikan.

Menurut Biro Meteorologi, banjir besar diperkirakan akan terjadi di sepanjang Sungai Tweed, dengan ketinggian banjir diprediksi akan sama dengan banjir tahun 2001 dan 2008 silam.

Sebelumnya, beberapa orang dilaporkan terluka akibat topan Debbie yang menerjang kawasan pantai Australia bagian timur laut pada Selasa (28/3) waktu setempat. Topan ini membawa angin kencang yang berhembus hingga 270 kilometer per jam. Kehancuran pun terjadi di beberapa wilayah Australia bagian utara akibat terjangan topan Debbie. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar