Kamis, 30 Maret 2017

Ular yang Telan Akbar Adalah Sanca Batik, Jenis Piton Terpanjang

Jakarta -
Anda menyaksikan video khas 20detik

Ular piton yang memangsa Akbar (25) di Mamuju, Sulawesi Barat, merupakan jenis ular terpanjang. Ular tersebut juga biasa disebut dengan nama Sanca Batik.

Peneliti LIPI Evi Ayu Arida mengatakan jenis ular yang memangsa Akbar adalah Sanca Batik. Evi mengenali jenis ular itu dari pola sisik di bagian perut. 

"Ular Sanca Batik, Malayopython reticulatus," peneliti LIPI Evi Ayu Arida kepada detikcom, Kamis (30/3/2017).

Berdasarkan informasi yang didapat dari The Integrated Taxonomic Information System (ITIS), ular jenis Malayopython reticulatus atau yang juga disebut The reticulated python merupakan jenis ular yang ada di Asia Tenggara. Biasa disebut ular Sanca Batik di Indonesia ini masuk dalam kategori ular tiga jenis ular terberat.

Sama jenis piton lainnya, ular Sanca Batik ini tidak beracun. Dan dalam kondisi normal, sejumlah peneliti menggolongkan ular ini sebagai ular yang tidak berbahaya bagi manusia. Sanca Batik memiliki kemampuan berenang di dalam air yang cukup baik. 

Spesies Sanca Batik banyak ditemukan di Sumatera dan Kalimantan. Rata-rata ukuran Sanca Batik merentang dari 1,5 meter (kecil) sampai 6,5 meter (dewasa).⁠⁠⁠⁠ Sedangkan ular yang memangsa Akbar panjangnya mencapai 7 meter.

Akbar merupakan warga Dusun Pangerang, Desa Salubiro, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah. Dia meninggalkan kediamannya untuk memanen sawit pada Minggu (26/3). 

Namun hari itu dia tidak pulang ke rumah. Warga pun mencari Akbar dan menemukannya dalam keadaan tewas di dalam perut ular piton yang panjangnya 7 meter sehari kemudian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar