Jumat, 31 Maret 2017

Massa Aksi 313 Bersihkan Jalanan Bersama Petugas Kawasan Monas

Jakarta - Usai menyampaikan aspirasinya sejak siang tadi, massa aksi 313 membersihkan jalan yang menjadi lokasi aksi di sekitar Simpang Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat. Selain peserta aksi, terlihat juga petugas kebersihan dari kantor pengelola kawasan Monas.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (31/3/2017), massa aksi yang berasal dari Komunitas Nasi Jumat itu serempak membersihkan jalanan bersama petugas. Tampak mereka kebanyakan mengenakan rompi berwarna biru dengan membawa sapu dan tempat sampah.

Massa Aksi 313 Bersihkan Lokasi Aksi bersama Petugas Kawasan MonasMassa Aksi 313 Bersihkan Lokasi Aksi bersama Petugas Kawasan Monas Foto: Kanavino/detikcom


Menurut salah seorang anggota komunitas Nasi Jumat, Mariana (53), kegiatan bersih-bersih ini merupakan tanggung jawab peserta aksi agar lokasi aksi kembali bersih. Hal ini untuk menepis anggapan bahwa demonstrasi itu selalu membawa hal negatif.

"Karena kita ikut bertanggungjawab ya. Jangan sampai setiap ada demo, kotor dan sebagainya, setelah selesai kita bersihkan. Selain kita memberikan logistik, kita juga turut membersihkan jalanan ini," tuturnya.

Kegiatan ini menurut Mariana telah dilakukan sejak aksi sebelumnya. Dia juga mengaku sering mengikuti aksi-aksi yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.

"Iya, ikut terus (aksi)," ujarnya.

Sementara itu jalanan yang berada di sekitaran Simpang Patung Kuda mulai kembali normal. Beberapa ruas jalan seperti Jalan Merdeka Selatan yang sempat tidak bisa diakses karena massa aksi berkumpul di lokasi, kini telah bisa dilalui. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar