Rabu, 01 Maret 2017

Polsek Gunung Anyar akan Segera Dibangun

Surabaya - Saat ini, Polsek Rungkut masih membawahi dua kecamatan yakni Rungkut dan Gunung Anyar. Padahal idealnya satu polsek hanya membawahi satu kecamatan untuk pengamanannya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjanjikan akan membangun bangunan Polsek Gunung Anyar. Polda Jatim pun sudah setuju. Pemindahan Polsek Rungkut yang semula dari Kecamatan Gunung Anyar ke Kecamatan Rungkut, adalah salah satu buktinya.

"Saya akan cari lokasi titiknya. Saya akan mencari lokasi untuk kantor Kecamatan Gunung Anyar juga karena kantor kecamatan yang sekarang terlalu minggir. Kalau bisa kecamatan dan polsek satu areal," ujar Risma dalam sambutannya saat peresmian Polsek Rungkut, Rabu (1/3/2017).

Risma menyadari bahwa pembangunan di Kecamatan Gunung Anyar sudah bertambah masif. Ada banyak hunian baru dalam bentuk perumahan. Dinamikanya juga sudah berubah, sudah ramai. Karena itu sudah diperlukan sistem pengamanan mandiri dengan sebuah polsek yang ada di wilayahnya sendiri. Apakah ada target untuk pembangunan Polsek Gunung Anyar?

"Secepatnya. Semoga bisa tahun ini," kata Risma.

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin sangat senang dengan kepedulian Risma. Machfud mengaku bahwa anggaran polri untuk pembangunan masihlah terbatas. Machfud mengaku telah mengusulkan pembangunan 16 polsek di Jawa Timur pada tahun 2016, tetapi semuanya tak ada realisasi.

"Anggaran yang ada, Rp 70 miliar, nggak cukup. Salah satunya untuk pembangunan rumah dinas Kapolres Pasuruan. Kan mekar tuh Polres Pasuruan, kota dan kabupaten. Polresnya sudah ada, rumah dinasnya tahun kemarin," kata Machfud.

Machfud merasa dana Rp 70 miliar yang dianggarkan sangatlah kecil. Membangun polsek saja susah, apalagi membangun asrama yang sangat dibutuhkan anggota.

"Kita berharap semuanya kayak bu Risma yang bisa membantu dengan gampang 

Untuk pembangunan (polsek). Saya sih senang-senang aja menggunting pita peresmian," ujar Machfud sambil bercanda.

Kapolrestabes Surabaya Kombespol Mohammad Iqbal tentu saja senang dengan bakal adanya polsek baru di wilayahnya. Dengan adanya polsek baru, maka pelayanan terhadap warga semakin meningkat. Keamanan juga semakin terpantau. 

Polda Jatim sudah setuju, wali kota sudah bersedia membangunan bangunan fisiknya. Kini tugas Iqbal adalah mengurus administrasi untuk penambahan sebuah polsek baru.

"Meski sudah disetujui, tetapi tetap perlu proses administrasi. Kepastian polsek baru kapan, saya belum tahu. Semoga bisa tahun ini," kata Iqbal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar